Rendez Ringlock Scaffolding System Pada Olah Raga Obstacle Monkey Bar

42

Rendez Ringlock Scaffolding System adalah modular scaffolding yang sanggup di aplikasikan pada beberapa aktivitas olahraga layaknya giant wall, monkey bar, rope climb dan sanggup juga di aplikasi pada stage plus seating pada pementasan.

Obstacle course racing (OCR) merupakan olahraga perlombaan lari yang cukup ekstrim, kata Rahmat Rukmantara, Iron Strenght Coach berasal dari Indonesian Spartans.

Race ini melibatkan beragam macam tantangan fisik didalam wujud halang rintang (obstacles), lumpur, atau lari off road (trail) yang didesain untuk menguji ketahanan fisik dan mental pesertanya terhadap batas yang maksimum. “Biasanya jarak tempuh berkisar 5K sampai 42 K bahkan barangkali lebih berasal dari itu,” ujar Rahmat.

Karena itu, apa pun tujuan Anda ikuti event ini baik cuma semata-mata rekreasi ataupun untuk yang lebih betul-betul berasal dari itu, perlu menyiapkan fisik dan mentalnya bersama dengan baik. “Karena segi efek yang tidak bisa diabaikan,” kata Rahmat.

Persiapan Fisik dan Mental

- Advertisement -

Sebaiknya Anda paham: Persiapan fisik dan mental tidak bisa dipisah-pisahkan. “Artinya dijalankan secara simultan sehingga keberhasilan latihan fisik sudah pasti menyatakan keberhasilan latihan mental,” kata Rahmat. Karena melibatkan unsur: Disiplin, Pantang Menyerah, Keinginan pencapaian yang terbaik.

Secara fisik, latihan penguatan dan pengkondisian fisik (strength plus conditioning) yang baik selayaknya punya fase-fase latihan yang melibatkan sistem perubahan-perubahan secara alami keadaan tubuh secara fisiologis baik mekanika geraknya maupun keadaan fisiknya itu sendiri.

Sementara itu spesifikasi kebugaran fisik yang diharapkan untuk pelati OCR sudah pasti terlalu tinggi sekurang-kurangnya mencukupi syarat kebugaran yang baik seperti di bawah ini:

  • Cardio-respiratory
  • Muscle Endurance
  • BMI dan komposisi tubuh
  • Kelenturan (mobility)
  • Koordinasi
  • Kekuatan
  • Kecepatan
  • Daya/power
  • Kelincahan

Ketika Anda bisa mencukupi keadaan kebugaran selanjutnya di atas maka tingkat keamanan dan kemampuan beraktivitas OCR jadi baik.

Stabilization & Flexibility

Setelah dipastikan bahwa keadaan kebugaran Anda baik, maka yang perlu dibangun pertama kali secara fisik adalah kemampuan jantung-paru dan sistem peredaran darah kala melakukan olahraga. “Karena itu kegiatan-kegiatan yang melibatkan sistem kerja selanjutnya jadi mutlak seperti berlangsung kaki, jogging, lari, bersepeda, dan berenang,” ujarnya. Sebaiknya dijalankan sekurang-kurangnya 4 kali didalam seminggu atau jadi tiap-tiap hari.

Selanjutnya kala Anda menjadi berfokus untuk meningkatkan performa atletis, maka langah awalnya adalah membangun kembali kelenturan tubuh sehingga mobilitas tubuh dan jangkauan geraknya jadi baik.

“Nantinya bakal memudahkan Anda untuk melakukan gerakan-gerakan latihan khusus atau melakukan gerakan keterampilan kesibukan olahraga yang bakal Anda geluti, didalam hal ini keterampilan melewati halang rintang seperti memanjat tembok papan, merayap, dan sebagainya,” ujar dia.

Selain itu latihan stabilisasi otot-otot gerak Anda termasuk jadi terlalu mutlak karena banyak gerakan yang perlu stabilisasi yang terlalu baik seperti berlari, melompat, merayap, dan sebagainya.

Salah satu yang dipilih oleh Rahmat adalah: Dynamic Activation merupakan wujud latihan flexibility/mobility, stabilitation, dan coordination yang terlalu efektif karena didalamnya termasuk ada unsur cardio dan kekuatan. Tubuh bergerak secara simultan bersama dengan beragam gerakan yang bisa melatih kemampuan2 selanjutnya dipadukan bersama dengan jogging (dynamic rest) dalan kala yang ditentukan (20′-35′).

Selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan tubuh terhadap tingkat kelenturan maksimum, sebagai tambahan bisa dijalankan strerching berpasangan bersama dengan metode Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF).

“Tentunya latihan ini perlu dijalankan secara rutin dan teratur: Paling sekurang-kurangnya seminggu 3 kali (tidak lbh berasal dari 48 jam). sehingga tingkat kelenturan dan stabilisasi jadi baik,” kata Rahmat.

Jadi Bagi Anda yang mungkin ingin membuat Event Challenge seperti Monkey Bar atau Obstacle. Coba gunakan produk dari Rendez Scaffolding yaitu Rendez Ringlock Scaffoldig System. Karena sangat cocok sekali dan tepat guna untuk olah raga jenis ini.

Selamat berlatih…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × two =