lantai resin

Panduan Untuk Sistem Lantai Resin

Lantai resin akan meningkatkan daya tahan dan ketahanan lantai Anda yang sudah ada.

Namun, ada banyak pelapis yang tersedia yang memiliki sifat berbeda, membuat beberapa pilihan yang lebih baik untuk aplikasi tertentu daripada lantai lainnya.

Membuat keputusan yang paling tepat membutuhkan pengetahuan tentang semua jenis resin lantai yang tersedia, termasuk kelebihan dan aplikasinya.

Mengikuti panduan pelapis lantai ini dapat membuat keputusan itu lebih mudah.

  • Lapisan Epoxy

Pelapis epoxy mungkin adalah jenis pelapis lantai resin yang paling terkenal.

Mereka memiliki banyak keunggulan dibandingkan lantai beton dan logam untuk berbagai fasilitas.

Dengan kegunaan di banyak industri, pelapis lantai epoxy serbaguna dan penting untuk aplikasi industri dan komersial.

lantai resin 2

Apa Itu Pelapis Epoxy?

Pelapis epoxy berbeda dalam bahan pengawet yang digunakan dalam formulanya. Sementara beberapa bahan pengawet tersedia, beberapa lebih umum daripada yang lain.

Dua bahan pengawet yang paling sering digunakan dengan resin epoxy adalah poliamida dan poliamina.

Bahan pengawet ini memberikan sifat khusus pada epoxy, jadi memilih bahan pengawet yang tepat sangat penting untuk kinerja lantai resin.

Lapisan poliamida memiliki susunan molekul yang menurunkan tekanan uap. Kimia spesifiknya membuat epoxy poliamida lebih baik untuk primer.

Sifat poliamida yang membuat epoxy ini lebih baik untuk primer termasuk kemampuan membasahi, adhesi, fleksibilitas dan re-coatability.

Sementara pelapis ini memiliki ketahanan kelembaban dan alkali yang baik, mereka tidak memiliki ketahanan yang sama terhadap kapur atau asam.

Situasi yang membutuhkan kekerasan film ekstra dan ketahanan kimia di lantai dapat menggunakan epoxy poliamina.

Terlepas dari manfaat ini, poliamina memiliki masa pakai pot yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan pengawet epoxy lainnya.

Baca Juga : Khasiat Lantai Beton Dipoles Komersial

Apa Manfaat Pelapis Epoxy?

Semua epoxy berbagi manfaat tertentu, terlepas dari bahan pengawetnya.

Lantai mulus mencegah pertumbuhan mikroba dengan menghilangkan tempat bakteri bersembunyi.

Sifatnya yang halus juga membuat lantai resin epoxy lebih mudah dibersihkan daripada jenis sistem lantai seamed lainnya.

Dalam situasi yang membutuhkan perlindungan dari listrik statis, pelapis epoxy mengungguli penutup lantai lainnya karena epoxy menghilangkan statis.

Sementara epoxy itu sendiri antilengket saat kering, bisa menjadi licin saat basah. Untuk mengurangi bahaya keamanan ini, aditif dapat ditambahkan ke lantai cair untuk memberikan tekstur dan ketahanan slip.

Pelapis epoxy memiliki beberapa keunggulan dibandingkan lantai telanjang, terutama dalam aplikasi industri dan komersial.

Jenis bahan pengawet epoxy akan menentukan manfaat yang tepat dari permukaan. Misalnya, poliamida menawarkan manfaat dalam ketahanan terhadap abrasi, kelembaban dan korosi.

Ini juga sangat fleksibel.

Jika Anda memilih epoxy poliamina, dibandingkan dengan versi poliamida, lantai akan memiliki kemampuan untuk menahan kerusakan akibat panas, korosi akibat mikro, dan bahan kimia.

Epoxy dengan poliamina juga merupakan penutup jendela yang berguna.

lantai resin 3

Aplikasi Pelapis Epoxy

Pelapis epoxy memiliki banyak aplikasi. Fasilitas yang menggunakan pelapis lantai epoxy termasuk di berbagai industri.

Aplikasi komersial epoxy termasuk rumah sakit, sekolah, binatu dan fasilitas ritel. Jenis tempat ini harus memiliki lantai resin untuk menahan banyak lalu lintas pejalan kaki tanpa kehilangan kemampuannya untuk dibersihkan secara memadai.

Penggunaan industri pelapis epoxy lantai industri makanan termasuk pabrik farmasi, laboratorium, kamar bersih dan lokasi manufaktur.

Di banyak lokasi industri, kemampuan untuk membersihkan lantai sangat penting. Itu membuat epoxy menjadi pilihan yang baik untuk industri medis di mana kebersihan adalah yang terpenting.

Kelemahan dari pelapis epoxy adalah jumlah perawatan yang diperlukan untuk pemasangan lantai yang aman.

Bahan kimia yang digunakan dapat menyebabkan masalah kesehatan, dan kontak yang terlalu lama, seperti yang mungkin terjadi pada aplikator, dapat meningkatkan risiko kepekaan terhadap epoxy.

Untuk memastikan keselamatan diri sendiri dan orang-orang yang bekerja di sekitar, mereka yang menerapkan sistem lantai epoxy harus menggunakan ventilasi, alat pelindung diri dan metode penanganan bahan kimia yang tepat.

Sementara epoxy populer, mereka masih membutuhkan pencampuran, dan setiap lapisan harus benar-benar kering sebelum yang lain ditambahkan.

Selain itu, kelembaban dari lantai dapat merembes melalui epoxy.

Itu juga dapat rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar UV di luar ruangan.

Ini bukan masalah bagi banyak fasilitas yang menggunakan lantai epoxy, tetapi untuk fasilitas di mana kelemahan ini bisa menjadi masalah, tersedia sistem lantai lain, beberapa digunakan sendiri atau bersama dengan pelapis epoxy.

  • Pelapis Poliaspartik

Alternatif untuk epoxy pengeringan lambat adalah pelapisan poliaspartik. Ini cukup cepat kering untuk memungkinkan beberapa lapisan dalam satu hari.

Untuk proyek di bawah garis waktu yang ketat, kecepatan pengeringan lapisan poliaspartik menjadi berguna.

Tetapi pelapis ini juga memiliki kelebihan lain, dan sifat yang membuatnya lebih cocok untuk penggunaan tertentu daripada yang lain.

Berkat perkembangan baru dalam bahan pelapis, kini tersedia pelapis poliaspartik yang dapat diaplikasikan tanpa primer dalam satu lapisan.

Dengan opsi pengeringan cepat yang tidak memerlukan lapisan primer saat diaplikasikan pada logam, manajer fasilitas dapat meningkatkan penutup lantai dalam waktu yang lebih singkat.

Meskipun waktu pengeringannya cepat, poliaspartik baru mempertahankan standar yang ditetapkan oleh industri pelapisan untuk ketahanan terhadap korosi dan pelapukan.

Apa itu Pelapis Poliaspartik?

Sebelum menjadi pilihan lantai yang populer, lapisan poliaspartik digunakan untuk melindungi balok dan gelagar baja dari korosi saat terkena cuaca.

Saat ini, ia masih memiliki aplikasi ini selain untuk membuat lantai yang mengkilap dan cepat kering di banyak jenis bangunan.

Pelapisan ini berasal dari pengintegrasian poliurea alifatik ke dalam campuran. Kombinasi kimia membuat lantai ini menutupi kualitas pelindungnya.

Apa Manfaat Pelapis Polyaspartic?

Pelapis poliaspartik berfungsi sebagai senyawa organik volatil yang lebih rendah, VOC, opsi pemancar.

Properti ini menempatkan lebih sedikit polutan ke udara selama aplikasi, menjadikannya alternatif yang lebih hijau dan lebih sehat.

Emisi yang lebih rendah dari lapisan selalu merupakan pilihan yang baik, terutama jika permukaan membutuhkan aplikasi di ruang yang ditempati, tetapi lapisan poliaspartik juga cepat kering dalam hitungan jam, bukan hari.

Aplikasi Pelapis Poliaspartik

Karena ketahanan korosi dan kilapnya yang tinggi, opsi lantai ini sangat ideal untuk tempat-tempat yang membutuhkan lantai resin untuk menahan kondisi yang keras. Fleksibilitas dan ketahanan benturan membuatnya cocok untuk lantai gudang dan permukaan beton lainnya.

Seperti awalnya digunakan, itu masih dapat diterapkan pada balok dan balok logam terbuka untuk melindunginya dari elemen di pengaturan luar ruangan.

  • Pelapis MMA Metil Metakrilat

Seperti pelapis poliaspartik, metil metakrilat, MMA, resin cepat kering dan tahan aus untuk daya tahan yang tahan lama.

Sifat pelapis MMA membuatnya lebih baik untuk situs yang membutuhkan desinfektan dan waktu pengeringan yang cepat.

Bagi mereka yang terburu-buru, MMA mungkin resin pilihan untuk sistem lantai.

Apa itu Pelapis MMA?

MMA digunakan untuk membuat resin serta produk Plexiglas yang tahan lama. Ketika metil metakrilat digunakan sebagai pelapis, memungkinkan beton untuk menolak air.

Di fasilitas yang lantainya selalu basah, permukaan ini adalah pilihan yang layak. Sementara Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) tidak menganggap MMA menyebabkan kanker pada manusia, hal itu dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Karena sifat MMA yang mengiritasi paru-paru, mata dan kulit, mereka yang memasang resin MMA atau pelapis lantai harus memiliki keausan dan pengalaman pelindung yang sesuai.

Bau dari MMA selama aplikasi, meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan jangka panjang, cukup kuat untuk menyebabkan pusing dan penyakit pada beberapa orang. Ventilasi silang adalah suatu keharusan saat melapisi dengan resin MMA.

Apa Manfaat Pelapis MMA?

Lapisan MMA mengering dengan cepat, hanya dalam waktu satu jam.

Di tempat-tempat dengan waktu singkat untuk pelapisan lantai, MMA adalah salah satu pilihan terbaik untuk resin yang cepat kering dan tahan lama.

Selain itu, metil metakrilat tahan terhadap pewarnaan dan kerusakan dari pelarut, garam, lemak, alkali dan asam alami.

Ini menciptakan permukaan mulus yang melekat pada mantel penyegar masa depan.

Aplikasi Pelapis MMA

Karena sifatnya yang anti air dan mulus, MMA sering digunakan sebagai lapisan pelindung industri di lokasi seperti fasilitas farmasi dan pabrik pengolahan makanan atau minuman atau area penyimpanan.

Supermarket yang juga membutuhkan lantai yang tahan lama dan mudah dibersihkan hanyalah salah satu dari banyak aplikasi komersial untuk pelapis MMA.

Di area ini, mencegah pertumbuhan mikroba bukanlah pilihan.

Itu diwajibkan oleh hukum.

Tanpa jahitan atau pori-pori, bakteri tidak memiliki tempat untuk berakar di lantai MMA. Lantai yang mulus mudah didesinfeksi, dan disinfektan yang paling umum tidak akan merusaknya.

  • Lantai Semen Uretan

Sementara penutup lantai yang cepat kering cocok untuk waktu yang sempit, terkadang, produk yang pengeringannya lebih lambat lebih baik karena menambah waktu kerja untuk memastikan aplikasi yang halus.

Lantai semen urethane, seperti epoxy, memiliki waktu kerja yang lebih lama.

Lantai ini adalah produk kombinasi yang mencampur beton dengan urethane untuk menuai manfaat dari keduanya.

Sementara urethane standar digunakan untuk lapisan tunggal, lantai semen urethane adalah sistem all-in-one yang tidak memerlukan primer.

Apa Itu Lantai Semen Uretan?

Urethane adalah pilihan penutup lantai tepercaya, tetapi menambahkan semen dan pasir Portland ke urethane meningkatkan banyak kualitas asli urethane.

Dengan semen yang tergabung dalam campuran, lantai bisa setebal seperempat inci dan dapat melindungi dalam berbagai aplikasi lebih baik daripada jenis urethane lainnya.

Apa Manfaat Lantai Semen Uretan?

Lantai semen uretana memecahkan banyak masalah dengan lantai epoxy seperti penghilangan warna, emisi uap dan terik.

Dengan mencampurkan semen ke dalam urethane, lapisan tersebut bertindak sebagai sealant bintang.

Permukaan ini melindungi lantai dari kerusakan kimia dan dapat diletakkan pada suhu yang lebih rendah.

Saat memasang lantai, semen uretan dapat digunakan sebagai primer dengan atau tanpa lapisan epoxy di atasnya.

Semen Portland dalam campuran menghalangi air naik melalui lantai dasar, bahkan tanpa penghalang kelembaban.

Lantai tahan lama ini menahan pertumbuhan mikroba dan mencegah kejutan termal di permukaan.

Dengan jenis lantai ini, membuat lantai anti selip dilakukan hanya dengan menambahkan pasir ekstra di atas lantai.

Tambahkan lapisan nat di atasnya untuk menjaga pasir tetap di tempatnya.

Saat bekerja di ruang yang dingin, jumlah opsi lantai secara signifikan dibatasi oleh suhu yang lebih rendah yang mencegah pengeringan yang tepat, tetapi lantai semen uretana dapat diterapkan pada suhu yang lebih dingin daripada opsi lainnya.

Kisaran suhu untuk aplikasi ini berarti unit berpendingin atau dok pemuatan luar ruangan selama musim dingin dapat memiliki lantai yang tahan lama.

Aplikasi Lantai Semen Uretan

Dengan daya tahan yang luar biasa, lantai semen uretana muncul di lantai komersial dan industri di banyak industri.

Sifat anti-mikroba berarti pabrik pengolahan makanan, produsen minuman, dapur komersial, dan perusahaan farmasi dapat menggunakan lantai ini.

Suhu pengeringannya yang rendah menjadikannya salah satu dari sedikit pilihan untuk area dingin seperti gudang berpendingin atau unit penyimpanan.

Fasilitas manufaktur, toko mesin, dan bangunan industri lainnya dapat menggunakan campuran mortar semen uretan tugas berat, yang paling tahan terhadap abrasi pada kedalaman paling tebal seperempat inci.

  • Pelapis Uretan Alifatik

Sebagian besar pelapis lain sering digunakan sendiri untuk membuat sistem lantai, tetapi yang lain, seperti uretan alifatik, biasanya digunakan dengan epoxy.

Biasanya digunakan sebagai lapisan atas, uretan alifatik adalah lapisan uretan lain untuk sistem lantai industri dan komersial.

Lapisan ini menciptakan lapisan atas antimikroba yang tahan lama yang menghasilkan kilap tinggi untuk kepraktisan dan keindahan.

Ini juga dapat mengurangi beberapa kelemahan yang terlihat dengan lantai epoxy saat digunakan sebagai lapisan atas.

Baca Juga : Jasa Epoxy Lantai Kendari Bergaransi

Apa itu Pelapis Uretan Alifatik?

Uretan alifatik tidak digunakan secara terpisah dalam sistem lantai.

Ini sering digunakan sebagai lapisan atas untuk memperbaiki masalah epoxy dengan terik dan kurangnya daya tahan dalam aplikasi luar ruangan.

Menambahkan lapisan uretan alifatik di atas epoxy meningkatkan kinerja dan umur panjang sistem lantai.

lantai resin 4

Apa Manfaat Pelapis Uretan Alifatik?

Urethane alifatik menyegel lantai dari penetrasi air dan bahan kimia, melindungi epoxy di bawahnya. Lapisan atas ini meningkatkan ketahanan UV dan cuaca dari lantai, menjadikannya pilihan yang lebih disukai untuk aplikasi luar ruangan.

Uretan alifatik memiliki kegunaan lain juga.

Manfaat lain dari pilihan lapisan atas ini adalah ketahanan aus dan bahan kimia yang lebih tinggi, peningkatan ketangguhan dan fleksibilitas yang lebih besar.

Tidak seperti beberapa pilihan lantai lainnya, urethane alifatik dapat merekat dengan baik ke beton atau epoxy.

Sifat ikatan ini membuat produk ini cocok untuk digunakan sebagai sealant permukaan atau sebagai lapisan atas untuk meningkatkan lantai epoxy.

Aplikasi Pelapis Uretan Alifatik

Industri yang dapat menggunakan urethane alifatik di atas lantai di fasilitas mereka sangat beragam seperti bandara dan manufaktur.

Peningkatan keausan terhadap lalu lintas dan lecet berarti lapisan atas ini paling cocok untuk gudang dan area lalu lintas pejalan kaki yang tinggi seperti gudang dan tempat umum seperti mal dan bandara.

Fasilitas industri yang menangani cairan dan mengalami tumpahan bahan kimia harus menggunakan lantai tahan bahan kimia seperti uretan alifatik.

Dengan ketahanan UV dan panasnya, pelapis lantai resin ini cocok untuk aplikasi luar ruangan, tetapi aplikasi untuk lapisan atas ini juga melampaui penggunaan ini.

Banyak fasilitas industri dan komersial lainnya yang memerlukan manfaat perlindungan dan keausan yang kuat dari zat ini dapat menggunakannya dalam sistem pelapis lantai komersial mereka.

Temukan Sistem Lantai Resin Anda Di Sini

Kami memiliki 30 tahun pengalaman di lantai komersial dan industri.

Perusahaan kami telah bertahan selama itu karena harga kami yang kompetitif, solusi praktis dan pengerjaan yang profesional.

Lihat bagaimana kami dapat meningkatkan fasilitas Anda dengan sistem lantai baru.

Berbagai solusi lantai resin kami berarti kami akan memenuhi kebutuhan fasilitas Anda.

Dari pelapis MMA yang cepat kering hingga pelapis atas uretan alifatik yang tahan lama, pilihan dan keahlian kami akan memastikan Anda memiliki lantai yang sempurna.

Minta Penawaran Harga dan Survey

Telp atau Whatsapp : 0811-888-5771

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *