Cara yang dilakukan dalam Melepas Cat Epoxy Lantai dari Permukaan Lantai Beton

5

Meskipun dikenal memberikan dampak pada lantai agar dapat bertahan lama dan kuat, nyatanya pemasangan cat epoxy juga dapat mengalami kerusakan. Itulah alasan beberapa perusahaan atau industri sangat berani dalam mengambil keputusan untuk melepas cat epoxy yang sudah terpasang, karena lapisan tersebut sudah rusak, baik karena retak ataupun pecah.

Jika beberapa masalah tersebut terjadi, maka sangat disarankan untuk segera melepas dan menggantinya dengan cat epoxy lantai yang baru. Keretakan yang dihasilkan tersebut memang sangat membahayakan bagi siapa saja yang melewati lantai yang retak tersebut.

Sebenarnya beton mempunyai beberapa zat berpori sehingga cat epoxy yang diaplikasikan tersebut dapat menyegal lantai beton agar tidak mengalami kerusakan maupun keretakan. Cat epoxy yang difungsikan menyegel inilah yang cukup sulit untuk dihilangkan.

Namun selalu ada cara yang tepat agar dapat menghilangkannya jika sudah mengalami kerusakan. Sebenarnya cara kerja dari cat epoxy lantai sangat memberikan dampak yang baik apalagi akan terlihat mengikuti perkembangan zaman, dari cat epoxy yang sudah diaplikasikan memang dapat mencegah dari kelembaban yang dapat menimbulkan kerusakan pada lantai sampai harus dilakukan revonasi ulang.

- Advertisement -

Jika lantai beton yang sudah dilapisi epoxy mengalami kerusakan maka dalam proses melepasnya harus menggunakan bantuan minyak siku. Dan itu yang dimiliki oleh aplikator epoxy.

Karena jika terjadi kerusakan pada lapisan cat epoxy memang mengharuskan untuk segera memperbaikinya secara menyeluruh dengan cara melepaskan cat epoxy dari permukaan lantai beton bangunana gedung. Untuk pelepasan cat epoxy sering kali dilakukan oleh yang sudah ahli.

Berikut ini tahapan cara melepas cat epoxy dari lantai beton yang sudah terpasang:

  1. Keselamatan

Yang harus benar-benar diperhatikan sebelum melakukan pelepasan lapisan epoxy adalah keselamatan. Seorang aplikator epoxy yang memang sudah ahli dalam melakukan hal ini, maka harus menggunakan pelarut yang dkenal dengan nama solvents.

Zat solvent merupakan bahan kimia yang memiliki tingkat bahaya yang tinggi apalagi bagi kesehatan tubuh sehingga dalam pengerjaannya harus dilakukan sesuai prosedur yang baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan yang sangat fatal. Sering kali aplikator epoxy yang sudah ahli menggunakan masker fiter agar tidak membahayakan anggota tubuh yang lain.

Pelindung anggota tubuh juga harus dilakukan karena merupakan hal wajib dalam prosedur keselamatan kerja, seperti sarung tangan karet. Jika bahan kimia yang berbahaya tadi mengenai mata, yang harus segera dilakukan adalah membilas dengan air sebanyak-banyaknya dan segera mencari pertolongan medis agar tidak membahayakan kesehatan mata yang terkena bahan kimia tersebut.

Ini juga menjadi hal yang penting untuk memilih jasa epoxy yang tepat dalam memperbaiki maupun melepas permukaan cat epoxy yang sudah rusak sebelumnya.

  1. Mengepel lantai beton

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah membersihkan permukaan lantai beton dengan cara melakukan pengepelan hingga benar-benar bersih. Dengan melakukan pengepelan pada lantai juga akan dapat membersihkan semua kotoran yang memang menempel pada permukaan lantai epoxy yang akan dilepas, baik itu noda, debu, bekas cat, ataupun yang lain.

Hal ini wajib dilakukan karena jika tidak melakukan prosedur dengan benar akan menghasilkan pekerjaan yang sangat berantakan yang bisa berimbas pada pelepasan cat epoxy pada lantai.

  1. Mencampurkan dengan stripper

Stripper dikenal dengan pelarut solvent. Dalam tahap ini juga harus dicampurkan dengan air. Yang sering dilakukan oleh aplikator yang sudah ahli adalah mencampurkan 1 bagian solvent ke 10 bagian air bersih yang ada. Hal lain yang harus dilakukan adalah membersihkan kain pel hingga benar-benar bersih. Sehingga dalam pembilasan tidak boleh ada noda yang tertinggal dikain pel yang dapat menganggu proses selanjutnya.

  1. Lakukan pengepelan lantai menggunakan larutan solvent.

Lakukan pengepelan lantai beton yang akan dilepas cat epoxynya menggunakan larutan solvent. Larutan ini sangat berbahaya, karena dapat mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap dan juga gumpalan asap yang cukup membahayakan. Sehingga harus memastikan terlebih dahulu dengan kipas angina agar asap tidak terlalu lama terhirup.

Namun jika dalam pengerjaan merasakan dampak yang aneh maka segera lakukan pemberhentian dalam mengepel menggunakan larutan solvent. Bahan kimia yang ada di larutan solvent ini mengandung bahan kimia yang akan berkontraksi dengan alat pel, sehingga akan dapat menyebabkan keluarnya epoxy dari lantai. Oleh karena itu, pada tahap ini harus dilakukan pengepelan hingga cat epoxy melepas dari lantai.

  1. Melepaskan epoxy dari lantai

Tahap selanjutnya adalah melepaskan cat epoxy dengan cara menggores. Yang harus diperhatikan dalam tahap ini memerlukan ketelitian sehingga harus dibersihkan kembali menggunakan air bersih sebanyak mungkin. Selanjutnya lakukan pengepelan kembali terhadap permukaan lantai agar dapat menghilangkan semua kotoran ataupun debu yang menempel. Dapat juga menggunakan kipas yang besar agar dapat mempercepat proses pengeringan permukaan yang sudah di pel.

  1. Mengulangi

Inilah langkah terakhir yang harus dilakukan. Lakukan tahap pengulangan sampai semua bekas cat epoxy yang rusak benar-benar terlepas. Bisa jadi dengan mengulangi step by step yang sudah dijelaskan diatas. Ketika semua cara sudah dilakukan dengan benar dan cat epoxy juga sudah lepas. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan persiapan pengecatan pada permukaan lantai yang baru.

Dari penjelasan tersebut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melepaskan cat epoxy dari permukaan lantai beton. Akan lebih baik jika mengundang aplikator yang sudah perngalamana khusunya untuk melakukan hal tersebut, karena jika terjadi kesalahan maka akan fatal dalam proses pelepasan epoxy ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here