Apa itu Epoxy Lantai

99
apa itu epoxy

Penduduk di dunia sebagian besar telah mengetahui apa itu epoxy atau biasa di sebut epoxy lantai mungkin hanya merupakan teknik pelapisan lantai di beberapa jenis industri seperti gudang, perkantoran, hotel, rumah sakit, Departemen store ataupun industri produksi consumer good. Di mana struktur lantai bangunan akan dilapisi dengan oleh cat epoxy dengan formula bahan khusus yang bertujuan untuk menguatkan struktur lantai agar tahan terhadap berbagai polutan maupun tekanan dari lingkungan dan meningkatkan prosedur keamanan dalam sebuah gedung. Namun ketika Anda masih merasa awam dengan cat epoxy dan ingin mengetahui tentang pengertian cat epoxy yang sebenarnya, maka Anda juga mesti mengetahui terlebih dahulu bagaimana sejarah cat epoxy, kategori jenis cat epoxy dan perbedaan diantara setiap jenis cat epoxy.

Sejarah cat epoxy

epoxy flooring industrialEpoxy pertama kalinya dikembangkan di Swiss dan Amerika tahun 1930. Kemudian berkembang menjadi cat perekat di tahun 1946. Cat epoxy telah mulai dikembangkan menjadi sebuah alat yaitu cat pelapis di tahun 1947 karena bahan resin yang digunakan sebagai bahan utamanya terbukti memiliki struktur polimer yang mudah melekat dan memiliki daya adhesi tinggi dan mumpuni.

Apa itu epoxy?

epoxy flooring

Saat Anda yang berada di kawasan PT. Indojaya Multi Flooring di Tangerang jika sedang membicarakan tentang cat epoxy ini maka yang perlu dipahami terlebih dahulu adalah jenis epoxy flooring dimana epoxy merupakan bahan polimer yang tahan terhadap degradasi unsur kimia padat. Silahkan akses ke website resminya di indojayaepoxy.com Sedangkan pengertian dari epoxy lantai adalah proses pelapisan lantai dengan subtitusi 2 komponen utama yaitu cairan resin dan hardener (pengeras). Bilamana ketika kedua bahan tersebut tercampur dengan komposisi yang benar yang akan menghasilkan reaksi kimia dan tentu meningkatkan resistensi lantai terhadap berbagai polutan atau kontaminan yang dapat merusak struktur lantai.

Baca Juga:

Cat Epoxy Lantai - Mengapa Jakarta dan Bekasi Jadi Mangkalnya Komplotan Ini

Mengapa Jakarta dan Bekasi Jadi Mangkalnya Komplotan Ini

Bukan lagi menjadi rahasia jika ibu kota negara kita alias kota Jakarta merupakan kota metropolitan yang paling maju di Indonesia. Banyak sekali gedung-gedung modern...
Sablon Jersey

Bikin jersey futsal custom Cuma 50rb an

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak penggemar futsal? Tentu Anda memiliki anggot-nggota atau club olahraga futsal bersama teman-teman. Olahraga futsal biasanya selalu identik...
2019 GANTI LANTAI EPOXY

Wow Viral!! Tagar #2019 Ganti Lantai Epoxy Jadi Trending Perusahaan Milenial

Hallo teman-teman pembaca. Senang rasanya saya bisa berbagi informasi yang semoga bermanfaat untuk teman-teman yang sedang membacanya. Dan, topik utama pembahasan kali ini adalah...

Perbedaan Jenis Cat Epoxy

- Advertisement -

Cat epoxy sendiri tentu saja terbagi menjadi beberapa jenis dengan mempertimbangkan dari beberapa aspek berikut:

1. Aspek Fungsi atau Kegunaan

Dalam penggunaan cat epoxy tentu cat tersebut juga mesti harus dikombinasikan dengan bahan lain sebagai bahan anti slip, anti statis, maupun ditambah bahan composit yang menjadikan dinding bangunan lebih kebal atau anti peluru dan anti ledakan. Pelapisan cat epoxy yang berharga cukup mahal akan terasa sebanding dengan fungsi dan kegunaanya terutama ketika pemberian cat epoxy yang berkualitas tinggi juga akan menghindarkan bangunan dari kerusakan atau abrasi akibat penggunaan alat-alat berat dalam bangunan.

2. Aspek Model Pencampuran Bahan Baku

Meskipun bahan utamanya penggunaan cat epoxy sama yaitu dengan resin. Tetap saja ada perbedaan pada presentase tambahan zat aditif yang membuat kualitas dari cat epoxy tersebut dinilai lebih baik atau tidak. Sebagai sample yaitu ketika Anda menghubungi sebuah perusahaan aplikator epoxy lantai terbaik di Tangerang seperti PT. Indojaya Multi Karya untuk menerapkan pengerjaan epoxy self levelling, maka ketebalan lapisan yang dibutuhkan adalah sekitar 800 micron. Berbeda dengan ketika Anda memesan epoxy standard biasa yang hanya setebal 300-500 micron. Sudah pasti jika Anda melihat dari tingkat ketebalannya tentu saja cat epoxy yang memiliki ketebalan 800 micron keataas akan lebih tahan lama yang umumnya ketebalan dengan level tersebut akan dimanfaatkan untuk industri yang tingkat abrasinya sangat besar dalam gedung tersebut.

3. Aspek Model Cat Yang Disesuaikan Dengan Permasalahan Bahan Baku

Dalam menggabungkan dan membuat formula bahan baku, ada kalanya perusahaan kontraktor juga kesulitan untuk menemukan bahan pengganti zat aditif baku yang lebih ramah lingkungan. Sebagai sampel ketika dalam cat epoxy umumnya digunakan campuran thinner dalam berbagai konsentrasi, adanya peraturan yang melarang di beberapa negara untuk menggunakan thinner sebagai campuran cat epoxy. Karena sifatnya yang volatile (tidak stabil) dan tidak ramah lingkungan. Yang pada akhirnya beberapa produsen cat epoxy untuk mencampur dengan bahan lain yang lebih ramah lingkungan namun belum tentu kualitas cat yang dihasilkan nantinya akan sebaik cat saat dicampur dengan thinner. Oleh sebab itu terkadang pihak produsen akan tetap mencampurkan thinner dengan komposisi yang lebih sedikit yang dikombinasikan dengan bahan aditif lain.